Senin, 08 Desember 2008

TUGAS

WISATA EKSTRIM JEMBATAN BARITO

Jembatan barito merupakan jembatan penghubung antara Provinsi Kalimantan Tengah Dan Kalimantan Selatan. Selain sebagai penghubung jalan barat, jembatan Barito juga menawarkan keindahan pemandangan alam sekitarnya. Jika melihat dari atas jembatan maka akan terlihat jelas sebuah pulau yang tepat berada di bawah jembatan barito yang juga dialiri oleh sungai Barito. Peran jembatan Barito pun sangat besar bagi penduduk yang berada di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Dan Kalimantan Selatan, Karena merupakan salah satu urat nadi transportasi jalur darat. Dulu sebelum adanya jembatan barito jalur penghubung bagi pengguna jalan darat adalah maenggunakan jasa Fery penyebrangan.
Jembatan barito sendiri memiliki nilai kebanggaan yang tinggi bagi masyarakat di wilayah Kalimantan Selatan, karena merupakan jembatan tepanjang dan yang paling indah seantero Kalimantan. Dan kini seiring dengan berjalannya waktu menjadikan jembatan Barito sebagai Multifungsi yaitu selain sebagai penghubung jalur darat juga di jadikan sebagai tempat rekreasi akhir pekan bagi masyarakat Banjarmasin maupun para pendatang. Hal ini dapat kita lihat pada setiap akhir pekan khususnya pada hari sabtu dan minggu baik pada waktu pagi maupun sore, jika anda pergi ke jembatan Barito maka anda akan melihat pemandangan yang luar biasa. Jembatan Barito banyak mendapat kunjungan dari para pecinta keindahan alam dan orang-orang yang ingin menghilangkan stress dan kejenuhan. Tidak hanya akhir pekan pada hari-hari sibuk pun Jembatan barito baik oleh turis lokal hingga turis Mancanegara. Para pengunjung biasa datang pada waktu sore hingga waktu senja. Hal ini dikarenakan disaat senja Jembatan Barito menyuguhkan pemandangan “Sunset” yaitu pemandangan dimana saat matahari terbenam saat melihatnya dari ketinggian Jembatan Barito maka akan menambah pengalaman yang berharga bagi anda.
Akan tetapi dari semua keindahan yang ditawarkan dari pesona Jembatan Barito tidakah anda tersadar bahwa wisata Jembatan Barito merupakan wisata yang ekstrim bagi pengunjungnya. Mengapa dikatakan ekstrim, hal ini dikarenakan para pengunjung biasanya datang menggunakan kendaraan bermotor baik itu sepeda motor dan mobil yang mana sering diparkir di sisi jalan Jembatan Barito. Dan tentu saja hal ini akan mengganggu para pengguna jalan khususnya Jembatan Barito. Padahal jika lihat dari bawah Jembatan Barito sendiri telah dibuat tempat seperti taman bermain untuk sarana rekreasi bagi para pengunjung. Dan pada Jembatan Baritonya sendiri di sisi jalan sudah disediakan tempat bagi pejalan kaki untuk memudahkan pengunjung untuk melihat pemandangan sekitar Jembatan Barito.
Memang berwisata ke Jembatan Barito tidak dilarang akan tetapi alangkah baiknya dilakukan dengan tertib tanpa melanggar peraturan yang ada. Seharusnya ini menjadi perhatian pemerintah setempat untuk menertibkan para pengunjung yang memarkir kendaraan pribadi di sisi jalan Jembatan, karena sedikit banyaknya telah mengganggu para pengguna jalan/jembatan. Apalagi biasanya pengguna jalan/jembatan pada sore hari adalah truk-truk besar pengangkut barang sering kesulitan melalui jembatan karena harus berbagi jalan dengan para pengunjung. Sebenarnya ada peraturan bagi pengguna jalan yang sedang melintasi jembatan dilarang untuk berhenti dan memarkir kendaraan disisi jalan jembatan tapi peraturan ini jarang ditaati dan perhatian dari pihak yang berwajib pun tidak ada.
Padahal di kota-kota lain khususnya di Pulau Jawa kejadian ini sudah tidak ada lagi. Yang membingungkan adalah dari segi bangunannya sendiri Jembatan Barito sudah menyiapkan tempat untuk pejalan kaki yang berada di sisi jalan, ini berarti diharapkan hanya tempat ini yang bisa digunakan oleh para pengunjung tanpa harus memakai sisi jalan yang lain. Masalah tempat parkir mungkin belum dipikirkan oleh Pemerintah setempat akan tetapi tempat bermain (taman) yang sudah disediakan selalu sepi dan dapat digunakan sebagai tempat parkir. tapi karena jarak yang agak jauh dari lokasi ke jembatan barito membuat para pengunjung mengambil langkah yang praktis walaupun akan membawa masalah yaitu mengganggu para pengguna jalan. Memang selama ini belum pernah terjadi kecelakan atau hal-hal yang tidak dinginkan akibat dari kearoganan para pengunjung Jembatan Barito, akan tetapi alangkah baiknya jika kita melakukan antisipasi terlebih dahulu agar segala sesuatunya nanti akan lebih baik. Karena hal-hal yang berbahaya sebaiknya dicegah dari pada dibiarkan. Karena wisata ekstrim ini bisa saja menjadi sebuah mimpi buruk bagi para pengguna jalan maupun para pengunjung wisata Jembatan Barito.

DIAH EKA RINI

Tidak ada komentar: